Sunday, 13 December 2015

Lilin Elektronik full fungtion

     Siapa yang tak kenal dengan lilin? rasanya mutahil kalau ada yang masih tak kenal dengan benda yang bernama lilin,dari kalangan rendah,menengah bahkan kalangan atas pun tak ada yang tak pernah menggunakan jasa dari benda yang bernama lilin.
Semua tahu bahwa lilin adalah salah satu benda yang dapat menerangi kegelapan pada saat pemadaman listrik,bukan hanya itu,lilin seringkali di gunakan untuk merayakan pesta ulang tahun seseorang dan bahkan sebagian masih banyak yang menggunakan lilin untuk merayakan satu perayaan di hari besar.


     Tapi pernahkah anda mendengar atau melihat lilin elektronik?
Di sini saya akan memposting tentang rangkaian elektronik yaitu LILIN elektronik,lilin yang di buat dari beberapa komponen elektronika yang bisa berfungsi sebagaia lilin konvensional,cara kerjanya pun sama dengan lilin yang biasa di gunakan sehari-hari,dengan memantikan api (korek api) di dekat sensornya,maka lampu yang berdaya 6 volt akan menyala dan takkan mati sebelum lampu tersebut di tiup pada bagian sensornya,dengan kata lain cara mematikan lilin elektronik itupun sama dengan cara mematikan lilin konvensional yaitu di tiup.

      Berikut adalah rangkaian lilin elektronik yang saya ambil dari blog sebelah,namun pada rangkaian tersebut sebatas hanya mematikannya saja dengan cara meniupkan lilinnya,namun utntuk menyalakannya tetap menggunakan saklar,dan ini belum sepenuhnya berfungsi sebagai lilin elektronik.


     Tapi saya angkat 2 jempol buat yang punya rangkaian tersebut yaitu blog rangkaian elektronika yang sangat menarik mulai dari tampilan dan postingannya,untuk menyempurnakan fungsi dari rangkaian tersebut,saya mencoba mempraktekannya dan menambah bebrapa komponen lagi untuk melengkapi kesempurnaan dari rangkaian lilin elektronik tersebut.
Berikut ini adalah rangkaiannya,dan sepintas sama persis dengan rangkaian di atas,tapi bila di amati,anda akan menenmukan perbedaan pada bagian saklarnya.


     Adapun cara pengemasan rangkaian di atas,tergantung bagaimana kita membuatnya,saya sendiri membuatnya cukup menggunakan bekas pulpen yang saya desain dengan meletakkan condensor mic nya di bagian atas pulpen,dan LDR nya di bagian bawah pulpen,sedangkan lampunya saya taruh di tengah-tenganh bagian dalam pulpen transparan tersebut.
     Oke...untuk simulasi rangkaian tersebut,anda hanya cukup memantikan korek api di dekat LDRnya,maka lampu akan menyala,sedangkan untuk mematikannya,anda hanya cukup meniupkan di bagian condensor mic nya saja,
Bagaimana????
anda tertarik untuk membuatnya?

     Rangkaian tersebut sudah di uji coba dengan hasil yang memuaskan,dan anda bisa membuktikan simulasi lilin elektronika tersebut dengan melihat tayangan videonya di sini,atau di youtube juga ada dan selanjutnya anda bisa mengaplikasikannya untuk pesta ulang tahun atau yang lainnya.


Sekian posting saya kali ini,wassalam.....

No comments:

Post a Comment